Tuesday, November 11, 2014

Kementerian Perindustrian menyambut 410 lulusan Akademi Pimpinan Perusahaan Jakarta

Jakarta  - Kementerian Perindustrian menyambut 410 lulusan Akademi Pimpinan Perusahaan Jakarta, yang terdiri atas 380 lulusan program reguler dan 30 lulusan program Tenaga Penyuluh Lapangan dalam acara wisuda ahli madya APP 2014.

"Saya mengucapkan selamat dan apresiasi kepada semua lulusan APP Jakarta yang telah bekerja, baik pada perusahaan industri, maupun berwirausaha," kata Inspektur Jenderal Kementerian Perindustrian Syarif Hidayat saat memberikan sambutan di Taman Mini Indonesia Indah, Jakarta, Selasa.

Sedangkan bagi yang belum bekerja, lanjutnya, diharapkan dapat segera bekerja di industri, dan pihak Kemenperin meminta kampus dapat memberikan informasi peluang kerja di sektor industri saat kegiatan program Sekolah Masuk Industri.

Menurut Syarif, dalam dua tahun terakhir, unit pendidikan di lingkungan Kemenperin ini telah banyak melakukan pengembangan dan pembangunan, baik dari segi fisik maupun aspek penyelenggaraan pendidikan.

Hal tersebut, tambahnya, dapat dilihat dari gedung dan fasilitas pendidikan yang semakin baik serta telah dilengkapi dengan Tempat Uji Kompetensi (TUK) dan Lembaga Sertifikasi Profesi (LSP).

Dengan adanya TUK dan LSP, maka APP Jakarta akan dapat melakukan uji kompetensi dan sertifikasi, sehingga disamping memperoleh ijazah, para lulusan APP Jakarta juga mendapat sertifikat kompetensi untuk dapat bersaing dan bekerja di sektor industri.

"Kami menyambut baik cukup tingginya serapan lulusan APP Jakarta di industri yang pada saat wisuda kali ini mencapai 43 persen, baik yang bekerja di industri maupun yang berwirausaha," kata Syarif.

Syarif meminta agar persentase penyerapan lulusan tersebut terus ditingkatkan hingga 100 persen dalam masa tunggu tiga hingga enam bulan, melalui peningkatan kerja sama dengan dunia usaha industri.

Dalam kesempatan tersebut, Syarif juga menyampaikan bahwa mengacu pada Undang-Undang nomor 12 Tahun 2012 tentang pendidikan tinggi, saat ini sekolah tinggi dan akademi di lingkungan Kemenperin akan dikembangkan menjadi politeknik.

Sehingga, tambahnya, ke depan dapat menyelenggarakan pendidikan vokasi mulai dari Diploma 1 sampai dengan program terapan doktor.

Menurutnya, APP Jakarta termasuk unit pendidikan Kemenperin yang akan dikembangkan menjadi politeknik menjadi Politeknik "APP" Jakarta dengan program studi Manajemen Logistik Industri Elektronika, Perdagangan Internasional Wilayah ASEAN dan RRT dan Manajemen Pemasaran Industri Elektronika.

"Untuk proses perubahan menjadi politeknik tersebut, saya berharap agar APP Jakarta dapat mempersiapkan diri dengan baik, khususnya yang terkait dengan kesiapan tenaga pengajar, penyesuaian kurikulum, sarana prasarana, dan hal-hal terkait aspek organisasi dan kelembagaannya," ujar Syarif.

0 comments:

Post a Comment